Minggu, 23 Maret 2014

The Tuturut Munding

Pernah ngikutin tingkah laku temen? Pernah ngikutin tingkah laku artis? Pernah ngikutin tingkah laku kambing? Kalo pernah, selamat kamu masuk zona the tuturut munding.


Istilah tuturut munding memang sangat populer di kalangan masyarakat Sunda. Dalam arti sederhana, tuturut munding berarti suka ikut-ikutan meniru tingkah laku orang lain, tidak mempunyai pendirian tetap. Tapi kalo kamu nyari kata tuturut munding di google, maka yang banyak dibahas adalah lagu Doel Sumbang yang berjudul sama yaitu Tuturut Munding. Belum tahu? nih videonya :


Yang namanya ikut-ikutan adalah hal yang manusiawi. Iya dong, coba aja dulu kalo ga ngikutin perkataan orang tua waktu kecil, mana bisa bilang "Mama,, Minca,, Pucha". Tapi dewasa ini kebiasaan meniru dapat menimbulkan pro dan kontra. Masih ingat dengan boyband di Indonesia? Semua pasti teringat Tukul Arwana. Ya, Sm*sh ! Boyband asal bandung ini membuat pengangguran anak muda berkurang dengan menjadi anggota boyband. Bicara tentang boyband, negara yang paling banyak memproduksinya adalah korea. Dan hampir semua boyband indonesia berkiblat kesana. Why? Karena bagi para cewe, cowo-cowo korea itu selain ganteng juga cantik *mikir keras*. Bandingin deh foto ini, mana yang keren menurut kamu?


Pertanyaannya adalah 'Kenapa harus ikut-ikutan kalo bisa bikin sesuatu yang beda?'
Mungkin banyak yang berpendapat kalo ngekor dari luar gampang suksesnya. Bisa saja benar, buktinya pas booming boyband di indonesia ternyata lebih dari 1000 boyband yang berdiri, sampe tukang gorengan pun kerjasama bikin boyband mereka sendiri. Dan yang tersisa berkat seleksi alam tinggal beberapa biji, itupun nunggu terpeleset. 
Buat jiplakan ato kloningan emang jarang yang bertahan lama, tetap saja perintis yang bertahan. Itu pun kalo tidak kalah perang.

Boleh saja meniru, tapi harus punya ciri khas. Jadi pilih mana, diikuti atau mengikuti?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

DeepBlog

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.




Recent

recentposts

Random

randomposts