Selasa, 29 Juli 2014

Berjabat Tangan (Handshake)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Gimana kemarin lebarannya? Seru? Senang? Sedih? Acakadut?
Pastinya semua rasa bercampur aduk ketika tradisi sungkeman digelar, sedih, pengen nangis, nahan kentut. Di kampung yang tradisinya masih kuat seperti di daerah Panawangan, hal lumrah yang terjadi saat lebaran adalah berjabat tangan. Bagi sebagian mungkin berpegang teguh pada pepatah yang mengatakan "Meski tangan tak berjabat, tapi hati selalu dekat senantiasa memaafkan". Tapi kebanyakan adalah seperti ada sesuatu yang mengganjal apabila lebaran tanpa berjabat tangan, meskipun jarang bertemu dan yang katanya 'tidak mempunyai dosa' tetap saja berjabat tangan seperti sebuah magnet yang selalu menarik siapapun yang berhadapan.

Nah, uniknya pada saat berjabat tangan ada beberapa orang dengan jabataan tangannya yang beragam, mulai dari yang kuat, dingin, asal sentuh, sampai berjabat sambil memeluk. Jabat tangan juga ada maknanya lho, dengan itu pula kita bisa menilai kepribadian seseorang.

Kenali dengan baik agar tidak memberi kesan buruk saat melakukan jabat tangan terutama ketika bertemu seseorang yang asing.

1. Sederajat 
Kedua tangan tegak lurus dengan ibu jari sejajar. Jabatannya keras, tetapi rileks.

2. Mengontrol
Tangan diputar sehingga posisi tangan yang mengontrol berada di atas telapak tangan yang terbuka. Baik bagi orang yang sedang berpacaran, tetapi tidak terlalu baik untuk bisnis.

3. Sambil Menarik
Menarik orang agar lebih mendekat bisa menjadi pertanda akan kurangnya rasa percaya diri, atau keinginan untuk kontak yang lebih erat.

4. Hanya Jari Saja
Baik memberikan jabat tangan ataupun diberi, ini adalah jabat tangan orang yang mau menahan, tetapi tidak mau memberikan dirinya.

5. Ikan Dingin
Terkulai, dingin atau lembab. Jabat tangan seperti ini jelas tidak mengundang. Tanyakan pada teman Anda apakah tanpa sadar Anda melakukannya.

6. Jabatan Mencengkeram
Aduuuh!! Biasanya reaksi yang demikian yang didapat. Sering kali ini dugunakan oleh orang yang agresif, agar nampak kuat.

7. Pelindung
Berjabat tangan dengan kedua tangan adalah pertanda kehangatan di antara dua teman, tetapi menyiratkan maksud untuk mengambil muka jika dilakukan oleh orang yang belum dikenal. Banyak politikus yang berjabat tangan dengan cara seperti ini.

8. Homie Handshake
Cara terhalus namun cukup ampuh untuk menunjukkan keakraban dapat dilakukan dengan jabat tangan. Istimewanya, jabat tangan dengan orang-orang terdekat dapat dilakukan dengan berbagai cara dan sering disebut dengan homie handshake. Jenis homie handshake cukup beragam, mulai dari wiggle fingers, up-top hingga bro-fist. Mungkin Anda sering melakukannya dengan sahabat terdekat Anda atau dengan orang-orang sekitar untuk menjaga rasa akrab.

9. Manly Handshake
Ini adalah bentuk jabat tangan paling sempurna bagi seorang pria. Manly handshake akan membuat Anda terlihat berwibawa tanpa terlalu mendominasi, tidak terlihat lemah dan tetap misterius namun ramah. Cukup mudah sebenarnya, Anda hanya perlu melakukan jabat tangan yang solid namun tidak melakukan death grip. Tatap mata orang di depan Anda, tersenyumlah dengan ramah. Menatap mata orang lain bertujuan untuk memberi kesan bahwa Anda bukanlah pria yang lemah namun tetap friendly. Manly handshake cukup penting dilakukan untuk memberi first impression yang baik.

So, kemarin jabat tangannya pake yang nomer berapa nih?

Sumber Ilmu N Trik dan Prana Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

DeepBlog

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.




Recent

recentposts

Random

randomposts